resep dan cara membuat bakso sapi yang enak.

resep dan cara membuat bakso sapi yang enak
resep dan cara membuat bakso sapi yang enak.resep dan cara membuat bakso sapi yang enak

bakso merupakan makanan yang banyak di gemari oleh kebanyakan orang tidak pandang usia dan genre,tidak kenal musim, mau hujan ataupun kemarau tetap banyak di cari dan di minati.yang jelas baso adalah makanan yang laris dan laku di jual.dengan banyaknya minat pasar terhadap bakso.maka bakso pun di buat dengan aneka jenis bakso,seperti bakso cincang, bakso telor, bakso urat, bakso rudal, bakso aneka isi, walau banyak aneka rasa bakso tapi proses pembuatannya tetap sama.jika anda salah satu penggemar makanan yang bernama bakso.dan ingin mencoba membuat bakso.siapa tahu dari iseng membuat bakso.anda menjadi seorang pengusaha bakso yang sukses.

saya ingin berbagi tips dan cara  bagaimana proses membuat bakso yang kenyal dan empuk serta enak. Bahan Utama Membuat Bakso adalah Daging Sapi. usahakan Pilih daging sapi yang masih segar, untuk mendapatkan cita rasa bakso yang enak dan kenyak maka pilih Daging sapi bagian paha depan, atau daging iga. karena itu merupakan bagian yang bebas (sedikit) urat dan sedikit kandungan lemaknya .tapi beda lagi jika anda ingin membuat baso urat.maka pilih daging sapi bagian sengkelnya


langkah-langkah cara Membuat Bakso

langkah 1. Membuat Adonan untuk bakso
Untuk membuat adonan bakso, potong – potong kecil-kecil daging daging sapi bagian iga atau bagian paha depan, kemudian cincang potongan-potongan daging sapi tadi sampai halus anda bisa menggunakan pisau tajam atau food processor (mesin giling untuk daging) atau bisa juga pakai blender. Setelah itu, haluskan daging, tambahkan air es dan garam juga ditambah bumbu lain (rempah-rempah lainnya) sampai menjadi adonan yang kental dan mudah dibentuk. Sedikit – sedikit tambahkan tepung kanji supaya adonan lebih mengikat dan lebih kental. Penambahan tepung kanji secukupnya kira-kira 15 – 20 % dari berat daging, agar cita rasa daging tetap terasa kuat.

langkah 2. proses Membentuk Adonan
untuk membentuk adonan bakso terlihat bulat anda bisa  menggunakan 2 sendok teh atau sendok makan.caranya Ambil adonan dengan satu sendok, lalu bentuk bulat dengan bantuan sendok yang satu lagi. cara ini adalah cara membuat baso terlihat lebih higienis. tapi kebanyak tukang bakso membuatnya dengan menggunakan tangannya. caranya Ambil segenggam adonan, lalu remas dan tekan kearah ibu jari.dan Adonan akan keluar dari antara ibu jari dan telunjuk serta membentuk bulatan kemudian ambil dengan menggunakan sendok.kemudian bakso yang sudah terbentuk sebaiknya langsung direbus atau masukkan kedalam air mendidih hingga matang .Perebusan bakso biasanya berlangsung 10 – 15 menit.sampai terlihat bakso mengapung dipermukaan air dan ulangi proses-proses pembentukan bakso sampai seluruh adonan habis.

jika anda ingin menambahkan rasa,seperti menambah daging cincang,maka ketika baso telah terbentuk anda bisa melubangi dengan sendok kemudian menambahkan (isi) dengan daging cincang kedalamnya dan bentuk kembali dengan menggunakan 2 sendok. lalu anda rebus dengan menggunakan air panas.Setelah diangkat, tiriskan, dinginkan pada suhu ruangan.jika anda ingin menyimpannya lebih baik simpan di lemari es atau kulkas.jika tidak ada anda bisa menyimpannya dengan menggunakan kantong plastik yang hampa(kedap) udara (di tutup dengan rapat) dan jika ingin di konsumsi anda bisa di rebus kembali atau di masak kurang lebih sekitar 15-20 menitan.

selamat mencoba 


related post



17 comments:

  1. bakso memang nikmat apalagi bakso hasil buatan sendiri

    ReplyDelete
  2. bakso itu, makanan yang berasal dari mana sich?
    pasti dari indonesia :-bd
    resepnya langsung dicatat :-bd

    ReplyDelete
  3. http://ahmad-mauludin.blogspot.com/ kunjung balik fan join ya

    ReplyDelete
  4. siip buat usaha besok ....

    ReplyDelete
  5. good .... !
    buat usaha besok ....

    ReplyDelete
  6. resep yang oke banget. cara membuat bakso yang enak. terima kasih telah berbagi info bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  7. ini peluang usaha besar buat saya, trimkasih.

    ReplyDelete
  8. INi peluang usha bsar buat saya,trimakasih.

    ReplyDelete
  9. terimaksih atas infonya,jangan lupa mengunjungi alamaat kami http://www.unsri.ac.id

    ReplyDelete
  10. Makasih pak, artikel yang sangat menarik. sangat membantu ana. #Tips Membuat Bakso

    ReplyDelete
  11. dari dulu yang namanya bakso saya sangat antusias sekali :)

    ReplyDelete

terimaksih untuk kunjungannya-jika suka silahkan komentarnya disini-mohon maaf jika anda menulis spam tidak publikasikan.-