Cara Mengenali Rasa Takut

 cara mengenali rasa takut
cara mengenali rasa takutkunci sukses

Ada sebuah pribahasa,”Tak kenal maka tak sayang”,kalau menurut saya pribahasa itu berlaku untuk semua aspek kehidupan, ada pribahasa dari yunani bunyinya seperti ini,”barangsiapa mengenali dirinya sendiri maka dia akan mengenal tuhannya”. kenalilah rasa takut kamu maka kamu akan menjadi orang kuat.

Apakah Takut itu? Rasa takut adalah emosi kuat.Emosi ini berakar di dalam pikiran bawah sadar kita seperti naluri. ketakutan  bisa menjadi motivasi karena akan menuntut kita untuk mengambil sebuah tindakan untuk menghindari bahaya (yang menyebabkan rasa takut).Ini adalah mekanisme bertahan hidup yang telah membantu kita untuk bertahan hidup.

Ketakutan adalah reaksi normal terhadap rangsangan. Takut dapat mempertinggi kesadaran kita dan membangkitkan tanggapan fisiologis lainnya dalam membantu  hidup kita .Karena rasa takut itu dibangun dalam mekanisme bertahan hidup, tubuh dan pikiran kita mampu memberikan refleks canggih yang bisa memungkinkan kita untuk melebihi kemampuan normal kita, ketika kelangsungan hidup kita terancam.

ketakutan yang kita alami dapat dipengaruhi oleh tingkat percaya diri kita, harga diri, kondisi fisik, keadaan mental, faktor psikologis dan pengalaman sebelumnya.saat bahaya atau ancaman menghampiri kita maka Tubuh kita bereaksi dalam sepersekian detik.Otak mengirimkan pesan ke berbagai sistem tubuh lain untuk mempersiapkan kondisi tubuh dalam menghadapi atau melarikan diri dari sumber bahaya.efek Ini memberitahu jantung untuk meningkatkan dalam memompa darah ke otot dan organ-organ vital lainnya.Pernapasan juga mempercepat untuk mempersiapkan asupan oksigen yang diperlukan.Otot menjadi tegang.produksi Adrenalin dirangsang untuk memberikan kekuatan ekstra.

Ada jenis lain dari rasa takut juga. Pada saat kita mengalami ketakutan tidak didasarkan pada situasi  bahwa ini bahaya .Ini dikenal sebagai ketakutan irasional atau fobia.anda bisa lihat di tips mengatasi ketakutan irrasional.fobia menyebabkan kita mengalami kecemasan dan manifestasi rasa takut tidak menyenangkan lainnya seperti jika bahaya nyata hadir. Misalnya, takut ketinggian merupakan fobia umum.Jika orang takut ketinggian berdiri di sebuah gedung perkantoran bertingkat tinggi di dekat lantai atas, dan melihat ke bawah dan keluar dari jendela, ia mungkin mengalami tingkat ketakutan mengerikan atau kecemasan meskipun situasi sebenarnya tidak berbahaya 

.Ada banyak alasan berbeda dapat memberikan kontribusi pada perkembangan fobia kita.Salah satu alasan potensial dapat berasal dari pengalaman sebelumnya.Kadang-kadang otak Anda memiliki reaksi pikirannya sendiri. Misalnya, jika Anda pernah menginjak tepi tebing kecil dan hampir jatuh sampai anda mati , Anda dapat mengembangkan respon takut terjadi setiap kali Anda menemukan diri dalam jarak dekat dengan tepi atau tebing yang sama. otak anda membuat asosiasi bawah sadar dengan tepi tebing dan kematian.Sebagai hasilnya, Anda sekarang mengalami ketakutan ekstrim berhubungan dengan kematian kapan saja Anda berada dalam situasi cukup mirip untuk memicu respon.

Setelah Anda belajar untuk mengenali ketakutan Anda, Anda akan memiliki kesempatan lebih baik untuk mengendalikan atau mengontrol dalam mengatasi perasaan takut.silakan baca juga tips bagaimana mengatasi perasaan takut


related post



Share This
Previous Post
Next Post

blog petualang web berisi berbagai artikel

2 comments:

terimaksih untuk kunjungannya-jika suka silahkan komentarnya disini-mohon maaf jika anda menulis spam tidak publikasikan.-