Kenapa harus bersedih

kenapa harus bersedih
Kenapa harus bersedihrahasia hidup sukses

Bahwa dalam setiap kehidupan semua orang akan mengalami banyak peristiwa , baik  menyenangkan maupun menyedihkan.jadi kesenangan dan kesedihan merupakan bagian dari kehidupan.pada saat kita mendapatkan kesenangan dan kebahagian kita ikhlas menerimanya tapi dikala kesedihan menghampiri,kita jarang menerimanya dengan ikhlas atau lapang dada . padahal baik dan buruk, senang dan sedih adalah ketentuan yang telah digariskan oleh alloh swt kepada kita. kesedihan adalah manusiawi,yang tidak diperbolehkan dalam islam adalah kesedihan berlarut-larut.tidak sedikit membuat orang frustasi bahkan sampai bunuh diri.tapi belajar menjadi pribadi dengan memiliki kecerdasaan emosional


Bersedih itu hanya akan memadamkan api semangat untuk memotivasi diri,meredakan tekad bahkan mungkin membekukan jiwa.kesedihan dapat membuat hidup keruh yang berujung pada ketidakperdulian pada perbaikan diri sehingga kehilangan semangat dalam meraih kesuksesan. akhirnya menumbuhkan rasa pesimis.

Kesedihan terpuji atau di perbolehkan dalam islam adalah kesedihan bisa di sebabkan oleh ketidak mampuan menjalankan suatu ketaatan atau dikarenakan tersungkur dalam jurang kemaksiatan .dan kesedihan seorang hamba dikarenakan oleh kesadaran bahwa kedekatan dan ketaatan dirinya kepada alloh swt sangat kurang.maka hal itu menandakan bahwa hatinya hidup dan terbuka untuk menerima hidayah dan cahaya illahi.

Dalam sebuah hadist, nabi saw bersabda”tidaklah seorang mukmin ditimpa kesedihan,kegundahan dan kerisauan,kecuali alloh swt pasti akan menghapus sebagian dosa-dosanya.jadi apabila seseorang menghadapi kesedihan (ujian) dengan ketulusan atau keikhlasan dan menjalaninya dengan kesabaran alloh swt akan menghapus semua dosa-dosanya,memuliakannya dan mengangkat derajatnya.

Tidak diragukan lagi bahwa kesedihan merupakan ujian dan cobaan dari alloh swt.maka atas dasar itu kita harus berpikir positif atau selalu khusnudzon dan berlapang dada dalam menerima ketentuan alloh swt kepada kita. Dan jangan lupa memohon pertolongan kepada alloh swt agar selalu diberi kehidupan yang baik dan diridhaiNYA,diberikan kejernihan hati dan kelapangan pikiran.

Kenapa harus bersedih bila peristiwa  ini adalah ujian dari alloh swt kepada kita.karena dengan kesedihan (ujian) alloh saw akan mengampuni dosa-dosa kita,alloh swt akan memuliakan kita,alloh swt akan mengangkat derajat kita.kenapa harus bersedih jika dengan ujian itu alloh swt memberikan kebaikan itu semua. ternyata didalam kesedihan ( ujian ) ada rahasia tersembunyi dan kebaikan yang tidak kita ketahui.terimalah peristiwa  tidak menyenangkan itu dengan ikhlas dan kesabaran.semoga kita mendapatkan kebaikan yang tersembunyi itu.


related post



Share This
Previous Post
Next Post

blog petualang web berisi berbagai artikel

0 komentar:

terimaksih untuk kunjungannya-jika suka silahkan komentarnya disini-mohon maaf jika anda menulis spam tidak publikasikan.-