kisah perjalanan isra dan mi'rajnya nabi muhammad saw

kisah dari perjalanan isra dan mi'rajnya nabi muhammad saw
kisah perjalanan isra dan mi'rajnya nabi muhammad sawkisah dari perjalanan isra dan mi'rajnya nabi muhammad saw

di sebutkan dalam sebuah hadist bahwanya nabi muhammad saw bersabda,"pada malam aku di isra kan ke langit,di perlihatkan kepada ku semua surga (taman-taman surga).lalu aku melihat 4 sungai di dalamnya,yaitu sungai dari air yang tidak berubah rasa,bau dan warnanya,sungai dari susu yang tidak berubah warnanya,sungai dari khamar yang lezat bagi orang-orang yang meminumnya, dan sungai dari madu yang di saring."


sebagaiman yang di firmankan alloh swt,yang artinya,"apakah gambaran penghuni surga yang di janjikan kepada orang-orang yang bertaqwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasanya dan baunya,sungai-sungai dari khamar yang lezat bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang di saring? mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari than mereka,sama dengan gambaran orang yang kekal di neraka,mereka diberi minuman dari air yang mendidih dapat memotong-motong ususnya? "(q.s. muhammad :15)

lalu aku (nabi muhammad saw) bertanya kepada jibril,"dari manakah sungai-sungai itu datangnya? sampai kemana perginya? jibril berkata,"sungai-sungai itu pergi sampai telaga al-kautsar,namun aku tidak tahu darimana sungai-sungai itu datang.maka,mohonlah kamu kepada alloh agar dia memperlihatkannya kepadamu."lalu akupun berdo'a,maka datanglah seorang malaikat kepadaku sambil mengucapkan salam dan berkata,"wahai muhammad!pejamkanlah kedua matamu,lalu akupun memejamkan 2 mataku.

kemudian malaikat itu berkata kepadaku,"bukalah," akupun membuka 2 mataku,tiba-tiba,aku berada di smping sebuah pohon dan aku melihat sebuah kubah dari mutiara putih yang pintunya terbuat dari emas yang merah,andaikan semua yang ada didunia,yaitu jin dan manusia ,diam di atas kubah itu,niscaya mereka seperti seekor burung di atas sebuah gunung,atau seperti kota kecil yang dilemparkan kedalam lautan,

lalu aku,melihat 4 sungai yang mengalir dari bawah kubah itu,ketika aku kembali,malaikat itu berkata,"mengapa engkau tidak masuk kekubah?" kataku" bagaimana aku bisa masuk kedalamnya ,sedangkan pintu tergembok dengan gembok emas,dan bagaiman aku membukanya,?" malaikat itu berkata kepadaku," kuncinya ada di tanganmu," aku bertanya, mana kuncinya,?"dia menjawab,"kuncinya adalah bismillahir rahmaanir rahiim,"

maka, ketika aku mendekati kuncinya,aku mengatakan "bismillahir rahmaanir rahiim,".lalu terbukalah gemboknya dan masuklah aku kedalam kubah,maka aku melihatsungai-ssungai itu keluar dari 4 tiang kubah.pada waktu itu aku hendak keluar dari kubah,malaikat itu berkata kepadaku,"apakah kamu melihat wahai muhammad,?" akupun berkata,"ya aku melihat".

kemudian malaikat itu berkata lagi,"lihatlah sekali lagi,".maka aku melihat tulisan bismillahir rahmaanir rahiim di atas 4 tiang kubah dan aku melihat sungai mengalir dari hurup miim dari kata bismi,sungai susu mengalir dari hurup ha,dari kata alloh,sungai air khamar mengalir dari hurup miim  dari kata ar-rahman,dan sungai madu mengalir dari hurup miim dari kata ar-rahiim.

akupun mengetahui bahwa sesungguhnya asal sungai yang 4 itu adalah kalimat basmalah .alloh swt berfirman,"wahai muhammad! barang siapa dari umatmu yang ingat kepada-ku dengan menyebut bismillahhir rahmaanir rahiim dan dengan hati yang bersih dan tulus,aku akan memberi minum kepadanya dari sungai-sungai yang 4 ini."


related post



Share This
Previous Post
Next Post

blog petualang web berisi berbagai artikel

0 komentar:

terimaksih untuk kunjungannya-jika suka silahkan komentarnya disini-mohon maaf jika anda menulis spam tidak publikasikan.-