keutamaan ilmu dan ulama

keutamaan ilmu dan ulama
keutamaan ilmu dan ulamakeutamaan ilmu dan ulama

Alloh swt berfirman,"Alloh menyatakan bahwa tiada tuhan selain Dia, yang menegakkan keadilan.para malaikat dan orang orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu)"(q.s.ali imran:18)

Rasululloh saw.bersabda :"kepada ibnu mas'ud, 'wahai ibnu mas'ud!, duduklah sesaat dalam majelis ilmu, sekalipun tidak membawa alat tulis dan tidak menulis satu huruf pun,lebih baik bagimu daripada memerdekakan seribu budak. dan memandang wajah ulama lebih baik bagimu daripada sedekah dengan seribu kuda di jalan Alloh. dan membacakan salam (keselamatan) kepada ulama lebih baik daripada beribadah seribu tahun


umar bin khaththab mengatakan bahwa dia mendengarkan Rasululloh saw, bersabda"orang yang berjalan menuju majelis ulama ( tempat pengajian) , maka setiap langkahnya bernilai seratus kebaikan dan jika dia duduk dengan ulama tersebut dan mendengarkan apa yang dikatakannya , maka setiap kalimatnya bernilai satu kebaikan."

Rasululloh saw bersabda, " keutamaan seorang yang berilmu (yang dapat mengamalkannya) dibandingkan dengan orang ahli ibadah ialah seperti keutamaan bulan purnama dibandingkan dengan seluruh bintang."(hr.abu nu'aim dari mu'adz bin jabal)

Rasululloh saw bersabda," barang siapa menuju majelis ilmu untuk mempelajarinya , maka dia akan di ampuni dosanya sebelum melangkahkan kakinya."

Rasululloh saw bersabda, " muliakanlah para ulama sebab mereka di hadapan Alloh swt termasuk golongan orang yang terpilih dan dimuliakan oleh para malaikat."

Rasululloh saw bersabda,"jika seorang yang berilmu berbicara di majelisnya dengan ilmu dan pembicaraannya tidak di selingi oleh kata kata senda gurau dan main main , maka alloh menciptakan setiap kalimat yang keluar dari mulutnya malaikat yang memohon ampunan kepada Alloh untuknya dan untuk yang mendengarnya sampai hari kiamat . jika mereka kembali (pulang) , maka kembali dengan penuh ampunan. " kemudian beliau bersabda , "mereka adalah gologan yang tidak mencelakakan temannya."

Rasululloh saw bersabda," barang siapa memuliakan seorang ulama berarti dia memuliakan aku . dan barang siapa yang memuliakan aku , maka sesungguhnya dia telah memuliakan Alloh dan orang yang memuliakan Alloh , maka tempatnya surga.

umar bin khaththab r.a. mengatakan bahwa dia mendengar Rasululloh saw bersabda ," sesungguhnya seorang yang berilmu jika tidak mengamalkan ilmunya , maka ilmu tersebut akan melaknatnya dari dalam perutnya dan setiap sesuatu yang terkena matahari akan melaknatinya pula . malaikat hafdhoh akan menulis dalam catatannya setiap kali mengakhiri catatannya , ini adalah hamba yang putus asa dari rahmat alloh . Hai hamba , Alloh , hai orang yang menghilangkan hak hak tuannya , hai orang yang tidak mengamalkan ilmunya , laknat Alloh tetap bagimu dan jika meninggal dunia Alloh swt akan mencabut rohnya tanpa syahadat dan mautnya di haramkan membawa keimanan."


related post



1 comment:

  1. Wah, keren..
    nice share..

    http://aan-shared.blogspot.com

    ReplyDelete

terimaksih untuk kunjungannya-jika suka silahkan komentarnya disini-mohon maaf jika anda menulis spam tidak publikasikan.-