biografi Sir Isaac Newton

biografi Sir Isaac Newton
biografi Sir Isaac Newtonbiografi Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton lahir pada tanggal 4 Juni, 1643 di Woolsthorpe Manor di Woolsthorpe-by-Colsterworth, sebuah dusun di daerah Lincolnshire. sir Isaac newton lahir dari keluarga orang biasa, orang tuanya adalah petani. Newton lahir sebagai seorang anak prematur, yaitu lahir tiga bulan setelah kematian ayahnya dan dia dibesarkan serta di rawat oleh sang nenek dari pihak ibunya ketika  ibunya ( Hana Ayscough) menikah lagi.Sir Isaac Newton telah menunjukkan bakatnya dan kepintarannya, pada saat Isaac newton  Sekolah Raja di Grantham dan kemudian ia bergabung ke Cambridge Universitas di mana ia mengambil tingkat yang lebih tinggi.



Pada bulan Juni 1661, Isaac Newton diterima di Trinity College,Cambridge.Pada tahun 1665, setelah menemukan teori binomial, ia mulai memperdalam ilmu pada teori matematika, yang kemudian lebih dikenal sebagai kalkulus. Isaac Newton memperoleh gelar sarjana pada tahun 1665 dan melakukan pendalaman selama dua tahun pada pengembangan teori-teorinya tentang kalkulus, optik dan hukum gravitasi.

Meskipun Isaac Newton dan Leibniz mengembangkan kalkulus secara independen, Isaac Newton tidak mempublikasikan karya-karyanya sampai 1693, karena Isaac newton takut tentang teorinya yang akan di olok-olok dan dipermainkan. Di sisi lain, Leibniz malah terus mempublikasikan penemuannya dan menyuruh untuk mempatenkan teori dan temuannya dengan identitas namanya yaitu newton. Ia dikenal menjadi orang pertama yang  menggunakan indeks fraksional dan mempekerjakan koordinat geometri untuk mendapatkan persamaan solusi untuk Diophantine.

Dia bahkan menemukan formula baru untuk menghitung pi. Pada 1699, kebanyakan orang meyakini bahwa Leibniz plagiarisme dan Isaac Newton sebagai penemu sebenarnya dari teori itu. Pada 1670-1672, Isaac Newton sekolah kembali dan memperdalam ilmu tentang optik dan melakukan penelitian tentang teori refraksi cahaya, dia membuat perpecahan cahaya menjadi beberapa warna, dengan menggunakan prisma  Hal ini melahirkan teori Isaac Newton tentang warna Dia bahkan membuat teleskop pembiasan, berdasarkan prinsip yang sama.

Pada tahun 1677, Isaac Newton mulai bekerja pada dunia mekanik. Dan Pada tahun 1687, ia menerbitkan karyanya yaitu Philosophiae Naturalis Principia Mathematica, dimana ia menyatakan teori tiga hukum gerak universal. Dia bahkan mendefinisikan hukum gravitasi universal dan penentuan analitis pertama berdasarkan Hukum Boyle. Dengan ini, dia mendapatkan popularitas dan pengakuan dari internasional. Dan salah satu pengagumnya termasuk seorang ahli matematika yang bernama Nicolas Fatio de Duillier kelahiran swiss  dan mereka pun menjadi sahabat baik.

Pada tahun 1690an, Newton menulis sejumlah traktat religius, terkait dengan penafsiran Alkitab. Dia mencurahkan banyak waktu untuk alkimia. Dia juga menjabat sebagai seorang anggota Parlemen dari Inggris, pada tahun 1689 sampai tahun 1690. Pada 1696, ia pindah ke London, untuk mengambil jabatan sipir dari Royal Mint. Newton  mungkin 
menjadi Guru paling terkenal dari Mint setelah kematian Lucas pada tahun 1699, posisi Newton inipun bertahan sampai kematiannya. pada tahun 1703 Newton juga di tunjuk sebagai Presiden dari Royal Society dan asosiasi dari Académie des Ilmu Perancis 

Isaac newton meninggal 31 Maret 1727 Ia dimakamkan di Westminster Abbey. Newton tidak menikah dan tidak memiliki anak. Setelah Newton meninggal, tubuhnya ditemukan mengandung sejumlah besar merkuri. Hal ini diyakini merupakan hasil dari kegiatan alkimia nya.

sampai sekarang pun nama Isaac Newton di kenal sebagai seorang fisikawan, matematikawan, astronom, alkemis, dan filsuf alam karena Kontribusinya dalam pengembangan ilmu pengetahuan . Dia dikenal karena teori  tentang Gravitasi Universal dan tiga hukum gerak, dan dia mampu membuktikan bahwa alasan dari kedua gerakan benda di bumi dan benda langit yang dikendalikan oleh hukum Netral sama. Temuan ini bisa membuat perubahan revolusioner dalam pengembangan ilmu pengetahuan.  Dia bisa membuat teleskop refleksi. Dia juga membuat beberapa penelitian tentang cahaya dan bintang. Penelitiannya pada Teorema binomial dan dikenal dengan teori Kalkulus yang di gunakan saat ini.


related post



Share This
Previous Post
Next Post

blog petualang web berisi berbagai artikel

0 komentar:

terimaksih untuk kunjungannya-jika suka silahkan komentarnya disini-mohon maaf jika anda menulis spam tidak publikasikan.-