biografi aristoteles

kisah dan cerita dari biografi aristoteles
biografi aristoteleskisah dan cerita dari biografi aristoteles

Aristoteles adalah seorang ilmuan dan filusuf besar yang memiliki pengetahuan yang luas dalam berbagai disiplin ilmu. dia Belajar banyak  disiplin ilmu yang berbeda dia juga memberikan kontribusi banyak dalam masing-masing ilmu pengetahuan.Dia memberikan kontribusi di bidang ilmu fisika, tentang puisi, ilmu zoologi, ilmu logika, ilmu retorika, ilmu politik, ilmu pemerintahan, ilmu etika, dan ilmu biologi.


aristoteles lahir di Stagira pada tahun 384 SM.Nicomachus adalah nama Ayahnya. Dia berprofesi sebagai  seorang dokter untuk raja Amyntas III dari pengadilan Makedonia dan diyakini bahwa leluhur mereka juga melakukan profesi ini. dalam hidupnya aristoteles diajarkan oleh ayahnya tentang pengetahuan medis yang ia dapat dari ayahnya itu yang membawanya untuk menyelidiki fenomena alam di kemudian hari. Pada usia 18 ia mengakui ke aristokrasian Yunani muda yang dijalankan oleh Plato, seorang filsuf Yunani Agung, dan Aristoteles menjadi murid kesayangan dari Plato.

Sebagai seorang ilmuwan Aristoteles membuat kontribusi yang baik yang sangat berpengaruh bagi perkembangan ilmu sepanjang masa. dia menghabiskan sebagian besar hidupnya meneliti ilmu pengetahuan alam dan dia melakukan penelitian tanpa membuat referensi Matematika yang kemudian terbukti sebagai kelemahan penelitian oleh para ilmuwan.  ilmu-alamnya meliputi penelitian berorientasi pada ilmu botani, ilmu zoologi, ilmu fisika, ilmu astronomi, ilmu kimia, dan ilmu meteorologi, serta ilmu geometri dan banyak lagi. Dia juga guru dari Alexander prajurit Besar Agung. 

dengan dukungan dan bantuan dari Alexander agung, ia kemudian mendirikan akademinya sendiri yang diberi nama Lyceum yang dipimpinnya sampai tahun 323 SM Perubahan politik pun terjadi seiring jatuhnya Alexander yang menjadikan dirinya harus kembali kabur dari Athena guna menghindari nasib naas sebagaimana dulu yang dia alaminya .aristoteles pun meninggal 322 SM (umur 61 atau 62th )di Euboea tak lama setelah pengungsian tersebut.

Karena luasnya lingkup ilmu dan karya-karyanya , maka aristotelespun  dianggap memberikan kontribusi dengan skala besar, dimana kontribusinya melingkupi bidang-bidang ilmu yang sangat beragam sekali seperti ilmu Fisika, ilmu Astronomi,ilmu  Biologi,ilmu  Psikologi,ilmu  Metafisika (misalnya studi tentang prisip-prinsip awal mula dan ide-ide dasar tentang alam), ilmu logika formal,ilmu  etika, politik, dan bahkan teori retorika dan puisi

Di bidang seni, Aristoteles memuat pandangannya tentang keindahan dalam buku Poetike Aristoteles sangat menekankan empirisme untuk menekankan pengetahuan.Ia mengatakan bahwa pengetahuan dibangun atas dasar pengamatan dan penglihatan.Menurut Aristoteles keindahan menyangkut keseimbangan ukuran yakni ukuran materialMenurut Aristoteles sebuah karya seni adalah sebuah perwujudan artistik yang merupakan hasil chatarsis disertai dengan estetika.

Chatarsis adalah pengungkapan kumpulan perasaan yang dicurahkan ke luar.Kumpulan perasaan itu disertai dorongan normatif. Dorongan normatif yang dimaksud adalah dorongan yang akhirnya memberi wujud khusus pada perasaan tersebut. Wujud itu ditiru dari apa yang ada di dalam kenyataan..aristoteles juga mendefinisikan pengertian sejarah yaitu Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga Sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, record-record atau bukti-bukti yang konkrit.

related post



Share This
Previous Post
Next Post

blog petualang web berisi berbagai artikel

0 komentar:

terimaksih untuk kunjungannya-jika suka silahkan komentarnya disini-mohon maaf jika anda menulis spam tidak publikasikan.-